Pernahkan kalian berpikir, bagaimana cara computer mentransmisikan data baik berupa huruf atau angka yang telah di-input menggunakan keyboard yang kemudian ditampilkan oleh monitor?
Nah disini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana caranya. Selamat belajar J
Sebelum kita membahasa apa itu kode ASCII, perlu teman-teman ketahui, bahwa computer itu sejatinya memiliki Bahasa sendiri yang hanya terdiri dari 0 dan 1. Bahasa computer tersebutlah yang mengkonversi setiap huruf atau angka yang kita ketik di keyboard menjadi suatu output yang ditampilkan oleh monitor, Bahasa computer ini dapat mengepresikan setiap nilai numerik sebagai terjemahan dari binner yang merupakan operasi matematika yang sangat sederhana.
ASCII (American Standard Code for Information Interchange) merupakan sebuah kode standar Amerika untuk pertukaran informasi atau sebuah Standar Internasional dalam pengkodean huruf dan symbol seperti Unicode dan Hex, namun ASCII lebih bersifat universal. Fungsi dari kode ASCII yaitu digunakan untuk mewakili karakter-karakter angka maupun huruf didalam komputer, berikut ini table dari Kode ASCII 8 bit.
Contoh penggunaan :
Tulisan SMK jika dikonversi ke dalam bahasa computer yaitu:
S = 01010011
M = 01001101
K = 01001011
Maka bilangan binner dari kata SMK adalah 01010011 01001101 01001011
Sumber :
http://www.materidosen.com/2016/10/pengertian-dan-fungsi-kode-ascii-lengkap.html
https://www.google.com/search?q=apa+itu+kode+ascii&safe=strict&hl=en&sxsrf=ALeKk03EEapepe3IIshx4M0ihCe1IQ_itA:1598833948347&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwip667MmMTrAhWDYysKHR9zCvEQ_AUoAXoECBkQAw&biw=1366&bih=609#imgrc=hegnucAarATPTM

0 comments:
Post a Comment